Cara mengeluarkan nanah jerawat

Cara mengeluarkan nanah jerawat, Wajah yang dipenuhi dengan bintik- bintik merah dan terasa ngilu dan perih adalah masalah yang sangat menyebalkan. Bintik- bintik merah tersebut umumnya disebut dengan jerawat. Penyakit kulit jenis ini bisa muncul di wajah siapa saja, dari usia anak- anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Jerawat bisa muncul di wajah karena beberapa faktor seperti faktor hormonal, faktor kebersihan wajah yang kurang terjaga, faktor makanan- minuman yang dikonsumsi, penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit, bahkan karena stres dan kelelahan. Jenis jerawat pun beragam, dari yang paling ringan yakni komedo (jerawat di hidung) hingga jerawat yang parah hingga bernanah.

Jerawat yang bernanah terjadi karena infeksi bakteri semakin parah sehingga biasanya kemunculan nanah di dalam jerawat dibarengi dengan rasa gatal, perih, dan ngilu. Biasanya orang- orang tidak kuat menahan rasa sakitnya sehingga secara reflek tangan akan lebih sering menyentuh, memencet, atau bahkan menggaruk agar jeraat yang bernanah tersebut cepat pecah dan mengering. Apabila anda ingin mengeluarkan nanah dalam jerawat hendaknya menggunakan beberapa cara berikut ini agar jerawat anda tidak semakin meradang karena infeksi.

1. Bersihkan tangan dengan sabun antiseptik atau bisa juga menggunakan sarung tangan karet yang benar- benar steril.

2. Basuh wajah dengan larutan air garam, air garam berguna untuk membunuh kuman penyebab jerawat sehingga ketika nanah dikeluarkan tidak timbul infeksi.

3. Secara perlahan tekan bagian samping jerawat hingga nanahnya keluar, jika sudah benar- benar habis, oleskan madu pada jerawat tersebut agar proses pengeringan dan penyembuhannya semakin cepat tanpa meninggalkan bekas.

Cara mengeluarkan nanah jerawat | Safira yulianti | 4.5 |

Artikel Menarik Lainnya